Rabu, 04 September 2013

1. Tips Dan Trik Melakukan Presentasi


Kita Sering mendapatkan pertanyaan bagaimana melakukan PRESENTASI yang baik. Banyak, Marketing Manager, account executive  dibiro iklan, penyiar yang tampil bagus di depan kamera merasa gagal begitu harus berbicara didepan umum. Di kampus, para mahasiswa juga mengeluh. Banyak dosen yang pintar hanya untuk dirinya sendiri, sementara ilmunya tidak mengalir. Di Sekolah, banyak Guru yang sampai saat ini masih menggunakan sistem CBSA atau oleh siswa dikenal dengan sebutan Catat Buku Sampai Habis, sedangkan hanya sedikit ilmu yang dapat mereka serap.  Kita semua memang memiliki masalah yang sama ketika harus berbicara di hadapan publik. Berikut ini beberapa tips melakukan presentasi yang baik :


  1. Jangan membiasakan tergantung pada teks, teks dapat membunuh bakat, merusak flow, dan menciptakan jarak. Gunakan Pointers, sekedar untuk membantu kita.
  2. Ukur secara sungguh-sungguh “dalamnya sungai”. Pelajari dulu siapa audience kita, latar belakang, jalan pikiran, pendidikan dan jabatan mereka. Jangan asal “tembak”.
  3. Jangan bicarakan dua hal ini : YANG SUDAH MEREKA KETAHUI atau YANG TIDAK INGIN MEREKA DENGAR. Selalu sajikan hal-hal yang orisinil, jangan merusak mood audience dengan hal-hal yang tidak mereka sukai.
  4. Jangan biarkan audience jenuh. Jaga volume suara dan jaga nada agar tidak monoton. Begitu mereka mulai jenuh, ajaklah berdialog, lontarkan sedikit humor.
  5. HUMOR tidak boleh berlebihan. Ia tidak boleh digunakan untuk membangkitkan daya pikir. Jika berlebihan ia akan kehilangan substansinya.
  6. Periksa ruangan dan fasilitas presentasi, yang paling besar mempengaruhi adalah ruangan dan sound sistem. Pilih ruangan yang tidak membuat kita cepat letih dan membuat audience tidak merasa nyaman. Microfon dan sound sistem yang buruk juga dapat mengganggu konsentrasi.
  7. Biasakan interaktif. Jangan asik bicara sendiri. Berikan kesempatan kepada audience untuk memberikan contoh, jawaban, melakukan aktivitas tertentu (game, teka-teki atau mendengarkan musik), tertawa dan melakukan sesuatu.
  8. Be Spesific. Selalu berikan contoh dan ilustrasi. Sesekali berikan cerita.
  9. Jangan merendahkan mutu dengan mengatakan “maaf sebenarnya saya tidak siap”, “maaf Bahasa Inggris saya tidak lancar/payah”,” ini bukan bidang saya”, “Anda pasti lebih tahu dari saya”, “Saya baru belajar”, dan seterusnya. Manusia adalah mahluk yang malas yang hanya mau mendengarkan orang yang layak ia dengar, ia anggap lebih tahu.
  10. Latihan yang cukup. Selalu mintalah umpan balik. Bila perlu rekan, putar kembali, minta pendapat dari orang dekat.
  11. Perhatikan bahasa tubuh. Jangan melakukan gerakan yang merusak penampilan.
  12. Berpakaianlah agak cerah. Agar menciptakan kesegaran dalam ruangan.
  13. Jangan berbicara seperti sedang mengobrol dengan seseorang. Ingatlah, Kita berbicara di hadapan puluhan orang, bahkan ratusan, kombinasikan bahasa resmi dengan bahasa percakapan yang layak.

Buku “SUKSES MELAKUKAN PRESENTASI”, Rhenald Kasali
(bersambung...)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar